Air Conditioner (AC) Pada Kendaraan

|

Kamis, 02 Februari 2012


A.Pengetahuan Dasar tentang Air Conditioner (AC)

   Air Conditioner(AC)merupakan suatu perlengkapan yang memelihara dan mengkondisikan kualitas udara di dalam kendaraan agar temperatur/suhu,kebersihandan kelembabannya menyenangkan serta nyaman. Apabila di dalam ruangantemperaturnya tinggi, maka panas yang diambil agar temperatur turun disebut pendinginan. Sebaliknya, ketika temperatur di dalam ruangan rendah, maka panasyang diberikan agar temperatur naik disebut pemanasan. Kebanyakan bangunan berukuran sedang dan besar, energi panas dipindahkan dengan menggunakan udara,air dan kadang-kadang refrigerant. Perpindahan energi panas ini seringkali denganmembawa energi tersebut dari suatu ruangan ke suatu penyerap kalor sentral (unitrefrigerasi) atau membawa kalor dari sumber kalor (pemanas atau ketel) ke ruangan.AC pada mobil pada umumnya terdiri dari coolerdengan pembersih embun(moisture remover) dan pengatur aliran udara. Pendingin (cooler) akan mendinginkan dan mengurangi kelembaban udara didalam kendaraan sehingga dihasilkan kondisi udara yang nyaman. Prinsip dasar  pendinginan adalah proses penyerapan dan pelepasan panas suatu media denganmenggunakan zat yang mudah menguap (refrigerant). Kondisi refrigerantdipengaruhi oleh temperatur dan tekanan yang diberikan kepadanya.Prinsip pemindahan dan penyerapan panas tersebut secara sederhana dapatdicontohkan pada hal seperti berikut:1.Seseorang akan merasa dingin saat mengoleskan alkohol, alkohol tersebutmenyerap panas dan terjadi penguapan.2.Seseorang akan merasa dingin setelah berenang meskipun saat siang hari. Hal inidisebabkan air di badan menyerap panas dan menguap.
                                                  

                                                     
  Gambar. Sistem Kerja AC

B.Prinsip Kerja dan Komponen-Komponen Sistem AC Mobil




1.Prinsip Kerja Sistem AC Mobil
Prinsip kerja sistem AC pada mobil

dapat dijelaskan pada gambar siklus kerjasistem AC sebagai berikut:

a.Kompresor 
mengkompresikan gas/uap refrigerantyang bertemperatur tinggidan bertekanan tinggi karena menyerap panas dari evaporator ditambah panasyang dihasilkan saat langkah pengeluaran (discharge).

b.Gas refrigerant
 mengalir ke dalam kondensor, di dalam kondensor gasrefrigerant dikondensasikan menjadi cairan atau terjadi perubahan keadaanyaitu pengembunan refrigerant.

c. Cairan refrigerant
mengalir ke dalam receiver untuk disaring antara cairanrefrigerant dengan oli sampai evaporator  memerlukan refrigerant untuk diuapkan.

d.Katup ekspansi menurunkan tekanan dan temperatur/suhu cairan refrigerantyang bertekanan dan bertemperatur tinggi menjadi rendah.

e. Gas refrigerant
 yang dingin dan berembun ini mengalir ke dalam evaporator. Refrigerant menguap dan menyerap panas dari udara luar atau terjadi pengkabutan udara sehingga suhu di luar akan dingin 

0 komentar:

Posting Komentar